Thursday, December 31, 2009

Pertanyaan Seputaran menjadi anggota IAI



Arya Ningsih December 18, 2009 at 5:06pm
Kak, kalo mo ngambil sertifikat IAI, Tgkat dasar syaratny ap sj? Bleh tak kalo ry ngmbilny dmdan? Help infony y... Kalo kak pera kmren tu, presentasiny 4 ngambil apa (IAI)?.. Tq b4.
Pera Sagala December 18, 2009 at 5:53pm
jadi anggota IAI dulu Arya,
kk saran, ndaftar di IAI daerah arya tinggal. karena setelah jadi anggota arya akan di undang di kegiatan2 IAI. setiap kegiatan itu ada KUM yang akan di hitung setiap tahun. klo anggota biasa(yang blom sertifikas) wajib ngumpulin kum sebanyak 30 setiap tahun. kum dapat di peroleh juga dengan menulis.

biaya mendaftar klo di sumut, sekitar 180 ribu, di tambah biaya mengikuti penataran kode etik 250ribu. tapi biasanya gak langsung ngikuti penataran, karena nunggu daftar tunggu sampai min 15 orang.

setelah jadi anggota biasa, baru urus sertifikasi. ada 3 klasifikasi, 1. pratama, 2. madya, 3. Utama.
perbedaannya dari tingkat kompleksitas desain yang sudah kita tangani selama ini.

klo mau pratama, biaya 850rb. trus mengisi formulir dan gambar kerja desain kita yang sudah terbangun. minimal 3 bangunan.

klo madya, biaya 1.605ribu. minimal 6 bangunan sudah terbangun, tapi gambar kerja yang diminta cuma 3 bangunan, dengan fungsi yang lebih kompleks, seperti kantor, mesjid. rumah mewah.

klo utama, biaya 3jt. ni dah senior bgt. dia dah punya proyek di negara lain. klo punya sertifikasi ini, boleh jadi arsitek antar negara.

nanti setelah melengkapi data-data yang diminta di atas, hasilnya di baca dulu oleh tim asesor daerah. trus kita di interview. ditanya terutama ttg standar2 bangunan. misalnya keamanan dari gempa, kebakaran dan apakah sesuai peraturan kota yang ada.

gitu deeh..

nah, klo dah ikut sertifikasi, namanya anggota profesional. bayar iurannya pun lebih mahal.
klo anggota biasa 80 ribu tiap tahun, anggota prof. 150 ribu.

gimana?....berminat?


Arya Ningsih December 18, 2009 at 6:04pm
Berminat, tp yg dmaksud dg kum itu ap kak?.. Trus kalo ngumpulin kum dg tulisan mksudny ap lg neh?.. N kmren tu ry dah prnah ikut plthan kde etik tp blum jd aggt.. Trus kalo mau ngambil sertifikasi pratama sj, sulit tak? Tq 4 ur info, sis.
Pera Sagala December 19, 2009 at 2:05am
kum, itu point yang harus kita kumpulkan. biasanya seminar 2 jam kumnya 4. klo menulis seingat kk 15. klo jadi panitia 15. yang ngitung pengurus IAI, kita simpan aja semua bukti sertifikat, biar gak da mis informasi.
daftar lah jadi anggota, ambil sertifikat kode etiknya. lumayan, dari pada harus ulang lagi.
ngambil seritifikat gak sulit kok. yang sulit, ngumpulin gambar sendiri..


Arya Ningsih December 19, 2009 at 8:00pm
Oc deh... Thanx buanget y kak.. 4 ur info.. Kpn2 konsul lg y...
Pera Sagala December 19, 2009 at 11:35pm
ok..you're wellcome


1 comment:

Eric said...
This comment has been removed by a blog administrator.