Sunday, April 13, 2008

mY nEXT pROject : LyBrarY



Proyek ku selanjutnya dalah sebuah perpustakaan untuk SMK di Idi, ibu kota Kabupaten Aceh Timur. Ukuran 18 x 8 m. Masih dalam proses proposal untuk mendapatkan bantuan dana DAK (Dana Alokasi Khusus).
Mencari inspirasinya, jalan-jalan dulu ke Yogya. Memang kegiatan kantor saat itu pun sedang lagi sibuk-sibuknya. Hampir sebulan gambarnya terbengkalai cuma dalam oret-oret tak berkonsep.
Sepulang dari Yogya, 3 hari ku kebut lengkap gambar, dan RAB nya.
Bentuknya sebenarnya sederhana, hanya bangunan 8 x 18 m dengan atap pelana. Namun aku teringat ketika SMP dulu, perpustakaan itu ruangan yang terkesan suram dan berdebu. Maka dalam perencanaan bangunan ini aku ingin buat perpustakaan bergaya anak muda. Atap teras jadi sasaran utamaku, sebagai vocal poit. Atap pelana 2 buah mencolok, dan disusun mirip buku yang terbuka. Merupakan simbol buku yang memang jadi penghuni perpustakaan.
Untuk warna kupilih warna ceria, dan segar.

Agar membaca tetap terang meski tak ada lampu, Perpustakaan ini ku berikan jendela, dan dinding glass blok. Sedikit ventilasi untuk menghindari debu.
sret..sret...
kalau lagi di hati, mendesain sangat menyenangkan.
kalau tidak..wuihhh terbeban banget.

eh..eh..lagi di hati atau dah kebelet jadwal ya?
heheh...
semoga proyek ini jebol dah...











1 comment:

emanrais said...

Bravo, disain yang simple apik indah. Moga juga murah dan awet. Biar proyek serupa bisa hadir dibanyak tempat buat ikut aktif mencerdaskan bangsa. Mana pautan warna juga "macan" deh. Klo dah terealisir, tentu banyak pejabat yang nonton lho, bukannya ikutan mencerdaskan diri didalamnya.